Mengapa Minuman Isotonik Dikonsumsi oleh Para Atlet?

Minuman isotonik tergolong satu dari yang lain minuman olahraga yang mempunyai kandungan berfaedah buat tubuh, yakni karbohidrat, mineral, dan elektrolit. Sesaat itu, minuman berenergi tambah banyak mengandung zat-zat yang gak diperlukan oleh tubuh, ibarat kafein, taurin, guarana, keratin, dan zat adiktif yang lain yang berfaedah buat menstimulasi kerja tubuh. Minuman ini yakni satu dari yang lain yang kerap kali dikonsumsi oleh para atlet. (1)

Menurut observasi yang dijalankan oleh US National Library of Medicine, National Institute of Health, minuman isotonik mengandung elektrolit dan karbohidrat sebesar 6 sampai 8 persen, yang cukup efektif buat bikin tubuh bertenaga. Itulah sebabnya minuman isotonik kerap jadi pilihan unggul pada setiap berolahraga dan banyak dikonsumsi oleh para atlet ataupun mereka yang gemar berolahraga. (2)

Sebelum mengetahui faedah minuman isotonik buat para atlet, anda butuh mengetahui perbedaannya dengan minuman olahraga yang lain terlebih dulu. Ini di karenakan minuman isotonik kerap kali kali disamakan dengan minuman berenergi ataupun energy drink, akan tetapi ternyata persepsi ini ialah keliru. Ini dikarenakan ke dua minuman itu sangatlah berlainan. Minuman isotonik tergolong jenis minuman yang mengandung karbohidrat, mineral, dan elektrolit yang diperlukan oleh tubuh.

Sedangkan minuman berenergi ataupun energy drink tambah banyak mengandung zat yang gak diperlukan oleh tubuh ibarat kafein, taurine, guarana, kreatin, dan bermacam zat aditif yang dipakai buat menstimulasi tubuh.

Sebetulnya ada jua jenis minuman olahraga lain yakni minuman hipotonik dan hipertonik. Minuman hipotonik mempunyai fokus garam dan gula yang tambah rendah, akan tetapi tetap bisa memberikan tambahan energi, minuman ini bisa melakukan pekerjaan kencang mengambil alih cairan yang hilang di karenakan berkeringat.

Sedangkan minuman hipertonik mengandung fokus garam dan gula, serta karbohidrat yang tinggi, akhirnya bisa dikonsumsi seperti tambahan nutrisi setiap merencanakan diri setiap ingin menjalani aktivitas berat, ataupun olahraga yang cukup intens.

READ :  Manfaat Fintech untuk Masyarakat

Berikut ialah sebagian faedah dari minuman isotonik bagi para atlet.

Merubah Cairan Elektrolit dan Energi

Satu dari yang lain faedah paling ternama dari minuman isotonik ialah merubah cairan elektrolit dan energi. Pada biasanya, minuman isotonik dikembangkan memang buat mengambil alih cairan elektrolit dan energi yang hilang selama beraktivitas. Minuman ini umumnya mengandung mineral, kalsium, magnesium, klorida, natrium, kalium, dan karbohidrat ataupun gula yang bisa jadi sumber energi.

Supaya para atlet bisa optimal di saat berlatih ataupun bertanding, minuman isotonik mempunyai fokus gula dan garam yang sejenis dengan cairan dalam tubuh. Oleh soalnya itu, minuman isotonik sanggup merubah cairan tubuh yang hilang dengan kencang. (1)

Mengurangi Risiko Cedera

Selain mengambil alih cairan elektrolit, faedah minuman isotonik seandainya dikonsumsi sebelum berolahraga ternyata membagikan efek perlindungan dan mengurangi kerusakan otot yang terjadi setiap berolahraga ataupun beraktivitas berat. Dengan mengamankan keseimbangan cairan elektrolit tubuh, minuman isotonik bisa menghalangi kerusakan otot, dan mengembangkan stabilitas sel-sel otot.

Faedah yang satu ini sangatlah berguna bagi para atlet ataupun anda yang berolahraga berat ibarat angkat beban, ataupun olahraga yang lain yang mempunyai tekanan tinggi. (2)

Menanggulangi Dehidrasi Berat

Faedah Minuman isotonik selanjutnya ialah buat menangani dehidrasi berat.Dehidrasi berat ini bisa memunculkan bermacam gejala yang jelek bagi tubuh ibarat ibarat sakit kepala, halusinasi, kelelahan, sampai kejang-kejang. Faktor ini paling berisiko terjadi setiap seorang atlet yang membuat

Oleh sebab itu, faedah minuman isotonik ini amat pas dikonsumsi oleh para atlet yang tambah rentan mencapai gejala dehidrasi berat ini.  Minuman isotonik memiliki kesanggupan mengembalikan cairan tubuh ke dalam kondisi normal. Setiap rehidrasi terjadi, maka terjadi pergantian elektrolit dalam tubuh.

Setiap atlet membuat latihan setidaknya 30-40 menit, bakal terjadi penurunan karbohidrat dalam tubuh yang umum dipakai seperti sumber energi terbaik, pertumbuhan suhu tubuh, dan penurunan sirkulasi cairan dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kelelahan.

READ :  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Sewa Apartemen

Air saja gak cukup buat mengambil alih cairan yang keluar dari dalam tubuh di saat membuat olahraga yang berat. Akibatnya, para atlet memerlukan minuman ibarat minuman isotonik yang bisa mengambil alih karbohidrat, air, dan elektrolit yang hilang secara kencang. (2)

Mengamankan Keseimbangan Air dan Garam dalam Tubuh

Di antara banyak faedah minuman isotonik, yang paling mencolok ialah mengamankan keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Ini di karenakan peranan zat elektrolit, yang terdiri dari sodium, potasium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, fosfat dan sulfa.

Suatu studi yang dijalankan oleh University of Edinburgh mencapai hasil bahwa atlet yang berada di dibawah hidrasi isotonik memamerkan latihan intensitas tinggi yang tambah konsisten. Di samping itu, aktivitas stop-start mereka jua meningkat sebesar 24%.

Suatu observasi yang diterbitkan pada tahun 1998 oleh International Journal of Sports Medicine membuat perbandingan minuman berkafein, air mineral natrium rendah, dan larutan elektrolit buat mengetahui pengaruhnya pada sejumlah relawan pengendara sepeda. (2)

Hasilnya, para hasil relawan tes yang diberi minuman isotonik keluar keringat tambah sedikit, dan mempunyai intensitas buang air minim yang tambah jarang selama olahraga.

Itulah tadi penjelasan alangkah minuman isotonik jadi satu dari yang lain pilihan dari para atlet ataupun anda yang tekun berolahraga. Supaya sesi olahragamu makin optimal, tentukan anda mengkonsumsi Mizone, ya! Seperti satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B3 B6 B12, Mizone akan Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Dengan bermacam kandungan vitamin B yang ada di dalamnya, Mizone siap bantu anda tambah fokus dalam menjalankan bermacam aktivitas apapun!

Source:

  1. https://www.alodokter.com/minuman-isotonik-teman-yang-tepat-saat-berolahraga
  2. https://hot.liputan6.com/read/4216060/4-manfaat-minuman-isotonik-bagi-tubuh-saat-berolahraga

Tinggalkan komentar